oleh

Waspada! Ilmuwan Peringatkan Gempa 8,5 SR Bisa Guncang Himalaya

Metro26.com |  Penelitian terbaru mengungkap bahwa gempa berkekuatan 8,5SR bisa mengguncang Himalaya. Penelitian ilmuwan asal India ini juga mendapatkan dukungan dari studi lain dari para peneliti dunia.

Penelitian baru yang dipimpin oleh seismolog CP Rajendran dari Jawaharlal Nehru Centre for Advanced Scientific Research di Bengaluru menemukan sesuatu yang mengejutkan. Penumpukan ketegangan yang sangat besar di satu wilayah dapat menghasilkan setidaknya satu gempa Bumi berkekuatan 8.5 SR.

Rajendran mengatakan bahwa Himalaya dapat mengalami gempa berkekuatan tinggi kapan saja di masa depan. Penelitian yang diterbitkan dalam Geological Journal itu mengumpulkan data eksplorasi dari dua wilayah lokal.

Wilayah yang diteliti termasuk Mohana Khola di sebelah barat Nepal dan Chorgalia di perbatasan India. Para peneliti menentukan waktu dari peristiwa patahan terakhir pada dorongan frontal dari Himalaya tengah.

Baca Juga:  Tommy Sitompul Nyalon Wali Kota Sibolga

Penelitian tersebut menggunakan data dari peta struktural yang diterbitkan oleh Geological Survey of India.

Tak hanya itu, mereka juga menggunakan data dari Google Earth dan citra dari satelit badan antariksa India, ISRO’s Cartosat-1.

Para peneliti menyebutkan bahwa gempa Bumi besar berkekuatan 8.5 SR atau lebih yang terjadi antara tahun 1315 dan 1440 telah membuka hamparan sejauh sekitar 600 km.

Hamparan itu memanjang dari celah seismik pusat Bhatpur hingga melampaui Mohana Khola.

Peneliti menjelaskan ”slip” rata-rata atau perpindahan yang ada mencapai 15 meter.

Sumber ( suara.com )

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

Komentar

News Feed