oleh

Tempat Wisata Desa Muara Nauli Tapteng Free Wifi

-News, Travel-114 views

Tapteng,News – Desa Muara Nauli Tapteng Berada di Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, desa yang terletak di Pantai Barat ini dengan luas lebih kurang mencapai 4,2 Kilometer persegi.

Dulunya desa Muara Nauli Tapteng ini bernama Desa Hurlang Muara Nauli dan di Mekarkan oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan diganti menjadi Desa Muara Nauli.

Desa Muara Nauli ini yang terdiri dari 147 kepala rumah tangga cukup dikatakan desa tertingal dulunya, karena menurut warga setempat Desa Muara Nauli sebelum adanya dana desa mengalir ke kampung, akses jalan cukup parah, lampu di desa tidak memadai.

“Sekarang Alhamdulilah adanya dana desa di desa kami ini, tingkat perekonomian cukup lancar jalan juga sudah mulus.

Apalagi untuk mengangkat hasil pertanian kami sudah lebih gampang,” ucap masyarakat sekitar, 16 Juni 2019.

Mayur Rahel Nababan saat di jumpai mengatakan, dirinya sudah lima (5) tahun menjabat sebagai kepala desa di Desa Muara Nauli.

Dia menjelaskan, sebelum ada dana desa tingkat perekonomian di desa masih tergolong minim. Adapun hasil pencarian masyarakat di desa sebagian besar Nelayan dan Berkebun.

“Tapi setelah adanya dana desa yang  di keluarkan oleh presiden Jokowi dodo melalui Kementerian Desa dan di Pandu oleh Pemerintah setempat, kami sangat bersyukur tahap demi tahap pembangunan di desa sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 ini sudah di rasakan oleh masyarakat disini,” beber Kades yang berbadan mungil tersebut.

Sebagai Kades Mayur telah membangun infrastruktur di desa mulai dari pembuangan air (parit) rabat beton menuju perkebunan warga hingga pembukaan jalan.

Tidak hanya itu Kades juga menerapkan kepada aparat desa melalui musyawarah desa yang dihadiri masyarakatnya dengan membuat Badan Usaha MIlik Desa atau dikenal (Bumdes). Dengan hasil kesepakatan kepada masyarakat terciptalah Bumdes ‘Damai Bersama’.

Baca Juga:  Akhirnya Satgas Pamtas 301 Berhasil Evakuasi Warga Setelah 4 Jam Lalui Medan Yang Sulit

Bumdes ‘Damai Bersama’ ini bimbing oleh Fevrianto Halawa dan rekan lainnya hingga terinspirasi dengan membuat Objek Wisata di pinggir pantai yang ada di desa Muara Nauli.

Objek Wisata Muara Nauli Tapteng Ada WiFi Gratisnya

Kalau melihat dari tempat lokasi pantai Bumdes Bersama ini tiap bulannya sudah meraup keuntungan dengan menghasilkan PAD di desa.

Bumdes juga terus semakin berkembang, karena tidak hanya wisatawan local saja yang berkunjung, wisatawan luar dari daerah juga cukup banyak untuk berlibur disini.

Sungguh luar biasa pemanfaatan Bumdes Bersama tersebut, selain wahana permainan anak-anak tersedia, tempat peristirahatan juga ada, yang lebih kerennya lagi ditambah dengan free wifi gratis loh.

Sementara tidak hanya itu, ‘Bumdes Bersama’ juga mengolah pembudidayaan dengan cara membesarkan ikan nila sebanyak 10 ribu bibit yang tidak jauh dari lokasi pantai disana, apalagi kedepan pihaknya akan membuat lapangan kolam pancing.

“Cukup lumayanlah Pendapatan Penghasilan Desa (PAD) kami selain pantai di kelolah , ikan yang sudah besar juga akan kita panen nantinya, ini semua berkat dukungan kerabat dan pemerintah Tapanuli Tengah melalui dinas PMD Tapteng,” kata Fevri.

Harapan, Kepala Desa dan masyarakat pihaknya meminta agar bantuan terus mengalir ke desa Muara Nauli secara bersikenambungan.

“Ia terkhusus buat pak Presiden Jokowi, Kementerian Desa dan terkhusus Bupati Tapanuli Tengah bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani jangan pernah henti memperhatikan kami disini, horas Tapteng,” timpalnya

Tentang Penulis: dafid

dafid
From Zero To Hero

News Feed