oleh

Sepanjang 2018, ISPA Mendominasi Penyakit di Sibolga

Metro26.com | Sibolga – Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) disebutkan menjadi penyakit paling mendominasi di Kota Sibolga, Sumatera Utara.

“Ada sebanyak 11.228 penderita ISPA sepanjang 2018 di 4 kecamatan di Kota Sibolga, ini data per bulan September 2018,” ungkap Kadis Kesehatan Kota Sibolga Firman Hulu kepada awak media Jumat (30/11).

Menurut Firman, ISPA juga mendominasi masyarakat penderita di kota itu sepanjang 2017 lalu. Tercatat, sebanyak 20.449 penderita atau jika dibandingkan dengan data sementara tahun 2018 mengalami penurunan.

Didampingi Kabid PSDK Pelayanan Sumber Daya kesehatan, dokter Herlina, Kadis Firman menerangkan, meski tercatat sebagai penyakit paling mendominasi, para penderita penyakit ini tidak musti mendapat rujukan ke rumah sakit. Penanganan diselesaikan di level Puskesmas.

“ISPA ini bukan untuk dirujuk, jadi harus selesai di puskesmas, penderita berstatus rawat jalan ya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Diduga Hamili Gadis 19 Tahun, Oknum Aparat Desa Bottot Tapteng di Tangkap

Dia menambahkan, angka tinggi penderita penyakit ISPA tidak saja terjadi di kota itu, tapi juga hampir merata di berbagai daerah di Indonesia.

“Ya sesuai teori BLUM, dimana faktor-faktor lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan, mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, dalam temu pers dengan belasan awak media di Aula Nusantara, Pemko Sibolga, Firman mengungkap sejumlah penyakit dominan lainnya. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan pola hidup masyarakat.

“Ada Hipertensi, Jantung dan beberapa penyakit lain disebabkan life style masyarakat,” ungkapnya.

Sementara disinggung penyakit-penyakit berbahaya dan menjadi prioritas nasional, seperti Stunting, Imunisasi dan HIV, Firman mengaku pihaknya tidak menemukan kasus-kasus baru.

“Di Sibolga belum ada kita temukan penyakit Stunting, untuk data HIV juga masih seperti tahun lalu, tidak ada yang tambah,” ucapnya.(ril)

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

Komentar

News Feed