oleh

Lagu Kebangsaan Indonesia Yang Baru Dalam Bahasa Mandarin Ternyata Hoax

-News, Trending-49 views

Metro26, News -Beberapa hari ini beredar informasi di media sosial Facebook yang memuat narasi lagu kebangsaan baru untuk Indonesia yang berjudul “Jayalah Indonesiaku” dalam versi bahasa Mandarin.

Informasi yang dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Fina Hidayat memposting sebuah video klip lagu “Jayalah Indonesiaku” yang menggunakan Mandarin tersebut dengan dibumbui narasi, “Terima kasih sudah dibuatkan lagu kebangsaan baru”.

Hingga tangkapan layar postingan tersebut diambil, telah dibagikan sebanyak 4000 kali pengguna dan mendapatkan 662 komentar.

Lalu, bagaimana kebenaran informasi video tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari TurnBackHoax.id, Metro26 mendapatkan fakta bahwa postingan video lagu “Jayalah Indonesiaku” adalah video lama yang dipublikasikan pada 28 September 2012 oleh akun Youtube PASHAIFUL CHANNEL.

Baca Juga:  Ini 8 Sifat Istri yang Bikin Rezeki Suami Mengalir Deras

Dalam keterangan video yang di upload channel Youtube tersebut disebutkan bahwa lagu “Jayalah Indonesiaku” versi bahasa Mandarin merupakan lagu wajib untuk lomba Paduan Suara Che Bin Sai Kota Pekalongan Tahun 2012 dalam rangka Sumpah Pemuda.

Sebelumnya, versi asli dari lagu tersebut sendiri sudah diunggah oleh akun Youtube GNP Music pada 18 Agustus 2010. Lagu ini diciptakan oleh KRT Hendarmin Susilo, Produser Gema Nada Pertiwi (GNP).

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Metro 26, menyimpulkan bahwa lagu “Jayalah Indonesiaku” versi bahasa Mandarin bukanlah lagu kebangsaan baru seperti narasi yang ditulis oleh pengguna Facebook bernama Fina Hidayat.

Tentang Penulis: dafid

dafid
From Zero To Hero

News Feed