oleh

Kisah Sukses Pengusaha Ikan Hias, Nicholas Kurniawan

-Bisnis, News-64 views

Metro26 – Pengusaha Ikan Hias, Sukses di usia muda merupakan impian dari banyak orang. Walau definisi sukses setiap orang berbeda-beda, semua orang tentu sepakat bahwa omzet jutaan rupiah setiap bulan adalah salah satu wujud kesuksesan secara materi.

Mau memanfaatkan masa muda dengan lebih mudah, produktif dan menyenangkan sudah tentu menjadi jaminan.Bagi Anda yang merupakan pengusaha ikan hias atau pengusaha muda, pasti pernah mendengar nama Nicholas Kurniawan.

Sosok pengusaha muda ikan hias yang rendah hati ini adalah salah satu pengusaha yang sukses dan dapat Anda tiru.

Mari kita simak cerita hidup from zero to hero serta kisah sukses pengusaha ikan hias yang satu ini!Akrab Dengan Bisnis Sedari SD Nicho, begitu panggilan akrab pengusaha muda sukses ini, telah menggeluti dunia bisnis sedari duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Kondisi keuangan keluarga yang sulit kala itu menjadi cambuk baginya untuk mulai membangun usaha.Surat tagihan uang sekolah yang menunggak, berbagai hinaan dan perbuatan tak adil yang ditujukan pada keluarganya menjadi tempaan keras yang membentuk mental tak mudah menyerah pada Nicholas muda.

Saat SD, Nicho sudah mulai merintis usaha. Pada awalnya anak muda ini melakoni jualan makanan dan minuman di sekolahnya. Biasanya bagi anak-anak, bisnis tidak otomatis berhasil. Begitu pula dengan bisnis Nicho.

Rugi dan gulung tikar, saat itu sudah menjadi hal yang biasa baginya. Bukannya menyerah, anak muda gigih satu ini justru semakin semangat untuk belajar dan mendalami bisnis.

Pendapatannya mulai ia gunakan dan investasikan untuk membayar uang sekolahnya.Ikan Garra rufa Sang Penyelamat Geliat usaha Nicho yang kembang-kempis tetap bertahan dan menjadi titik balik kesuksesannya.

Kisah Nicho Pengusaha Ikan Hias

Saat itu, Nicho tercatat sebagai siswa kelas 2 SMA Kolese Kanisius.Seorang teman memberikannya ikan Garra rufa, ikan yang biasa digunakan untuk terapi.

Ikan ini biasanya dimanfaatkan untuk terapi rendaman kaki. Nicho mencoba menjual ikan ini dan mengunggah informasi penjualannya di situs Kaskus.

Baca Juga:  6 Tuhan Bakal Ikut Nyoblos di Jember Tentukan Pemenang Pilpres 2019

Ibarat gayung bersambut, kisah sukses pengusaha ikan hias ini dimulai dari sini. Setelah mengunggah, Nicho dihujani penawaran pembelian dari banyak kaskuser, sebutan untuk warganet Kaskus.

Hal tersebut membuat Nicho terpacu untuk mempelajari lebih banyak mengenai budidaya ikan Garra rufa.Nicho mempelajari bagaimana menyediakan habitat budidaya Garra rufa yang baik.

Dia juga mencari tahu tentang makanan ideal untuk Garra rufa, siklus reproduksi dan perkawinannya, serta tatacara penjualan bibit dan ikan Garra rufa ini.

Alhasil, Nicho mulai menerapkan cara-cara tersebut dan sukses membudidayakan ikan Garra rufa. Pada waktu itu, dia mendirikan toko daring bernama “Garra rufa center”.

Pada awalnya, Nicho masih meraba-raba dalam usaha jual beli daring. Berbekal tiga gawai BlackBerry, Nicho membangun komunikasi dan kepercayaan dengan kliennya.

Saat itu Nicho berhasil mendapatkan untung terbanyak 3 juta perbulan. Akan tetapi kisah sukses pengusaha ikan hias muda ini mulai berpendar seiring meningkatnya permintaan.

Mengintip Prinsip Bisnis Venus Aquatics
Selain Garra rufa, Nicho mulai merambah ke ikan hias lainnya. Saat berkuliah, didirikanlah usaha Venus Aquaticus.

Venus Aquaticus bergerak di dunia ekspor ikan hias.Nicho saat itu merasakan jatuh bangun dunia ekspor dengan mencari mitra kepercayaan dan permodalan.Keuntungan bersih Nicho mencapai 10 juta perbulan. Kini, Nicho memperoleh keuntungan hingga ratusan juta setiap bulannya.

Prinsip bisnisnya adalah kegigihan. Nicho sudah membuktikan banyak hal dari kehidupannya. Kini, untuk menularkan semangat bersama rekan-rekan sesama pengusaha lulusan Kanisius, Ia mendirikan Synergy Enterpreneur Academy, sebuah organisasi yang sukses mencetak banyak Enterpreneur berkelas.

Kisah sukses pengusaha ikan hias Nicho dan ratusan anak muda sukses di Indonesia ini patut ditiru dan disebarkan. Agar masyarakat Indonesia tahu bahwa anak mudanya sedang berusaha menjadi yang terbaik.

Artikel ini di tulis : Anak Dagang

Tentang Penulis: dafid

dafid
From Zero To Hero

News Feed