oleh

Faisal Akbar dan Mainur Azahra Terpilih Sebagai Duta Wisata Kabupaten Tapteng 2019

Metro26.com, Pandan – Setelah melalui tahapan seleksi audisi dan masa Karantina, akhirnya para Finalis Calon Duta Wisata mengikuti Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) Tahun 2019 bertempat di Grand Ball Room Hotel PIA Pandan, Senin (20/08/2019).

Acara Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Tapteng 2019 ini diawali dengan Parade Show 20 pasangan putra dan putri finalis duta wisata yang lolos dari tahap seleksi sebelumnya dari 20 kecamatan se Kab. Tapteng. Kemudian, dilanjutkan sesi tanya jawab oleh Dewan Juri kepada masing-masing finalis duta wisata. Tari-tarian daerah dan hiburan musik ditampilkan memeriahkan acara itu.

Dewan Juri pada grand final itu terdiri atas Ketua TP. PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Ketua I TP. PKK Kab. Tapteng Ny. Juli Darwin Sitompul, Ketua Dewan Kesenian Tapteng Imam Safii Simatupang, Manager Gatrasindo Production / Juri Tetap Provinsi Sumatra Utara Aan Degianto Prayogi S.Psi, dan Putri Parawisata Sumatera Utara Tahun 2018 Vivien Sabriena. Hasil Keputusan Dewan Juri menetapkan Faisal Akbar dari Kecamatan Pandan sebagai Juara I dan Mainur Azahra dari Kecamatan Sarudik sebagai Juara I Duta Wisata Kab. Tapteng Putra dan Putri Tahun 2019.

Ketua TP. PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani mewakili Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para Finalis Duta Wisata tahun 2019 ini.

“Adik-adik semua sudah jadi pemenang dan terbaik karena terlebih dahulu mengikuti seleksi dan audisi menyisihkan 217 peserta lainnya sehingga terpilih 40 putera dan puteri sebagai Finalis Duta Wisata tahun ini. Bebrapa jam kedepan diantara adik-adik sekalian baik putera dan puteri akan terpilih dan dinobatkan sebagai Duta Wisata Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019,” kata Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Acara Pemilhan Duta Wisata tahun 2019 ini berlangsung bersamaan dengan Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dan Hari Ulang Tahun ke-74 Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk itu, kami sangat mengharapkan kiranya dalam hati adik-adik sekalian tertanam jiwa kebangsaan dan kebersamaan dalam membangun daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya melalui pemiihan Duta Wisata ini kita dapat menggali potensi yang dimiliki para peserta,” tutur Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya.

Ketua TP. PKK Kab. Tapteng juga menjelaskan bahwa menyandang gelar bergengsi pada ajang Pemilihan Duta Wisata ini tentu menjadi kebanggaan bagi para peserta. Gelar tersebut agar lebih berarti apabila tidak hanya dirasakan oleh penyandang gelar semata, namun hendaknya semua orang dapat merasakan kontribusi positif dari keberadaan penyandang Duta Wisata.

“Para finalis selain berpenampilan menarik juga harus cerdas, seperti terkandung dalam unsur 4 R, yaitu Raga, Rasio, Rasa, dan Ruh. Anda bisa menjadi Duta Wisata atau Endorsers untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi parawisata di Kabupaten Tapanuli Tengah, Negeri Wisata Sejuta Pesona. Endorsers menjadi bagian dari strategi media promosi parawisata yang dijakankan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Pariwisata dengan menggunakan pendekatan Pose (Peid, Ownes, Sosial media, dan Endorser),” kata Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Baca Juga:  Pencuri Antar Provinsi Ditangkap Warga Saat Beraksi di Toko

“Siapapun yang terpilih sebagai Duta Wisata tahun 2019 ini, kami minta untuk terus memperluas ilmu pengetahuan, terutama terkait kondisi dan karakter, budaya serta potensi wisata Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, maupun Nasional dengan terus menggali perkembangan informasi terkini, penggunaan waktu yang ada untuk membaca buku, jurnal, majalah, media cetak dan elektronik, atau daring dari internet karena dengan banyaknya membaca maka ilmu pengetahuan akan bertambah,” jelasnya.

Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani juga mengingatkan bahwa walaupun ini merupakan ajang kompetisi namun rasa kebersamaan perlu tetap dijaga setelah perlombaan ini. Para finalis akan menjadi satu kesatuan wadah dalam mempromosikan dan memperkenalkan daerah Kabupaten Tapanuli Tengah pada umumnya dan pariwisata Kab. Tapteng pada khususnya.

“Kami pun berharap kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah kiranya dapat terus melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Wisata secara berkesinambungan serta dapat mendayagunakan adik-adik Duta Wisata ini pada acara Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah yang berlangsung di dalam maupun diluar daerah,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Ketua TP Pkk Kab. Tapteng menekankan hal penting agar generasi muda tidak terpengaruh berbagai hal yang bisa merusak moral, seperti narkoba, prostitusi, kenakalan remaja, dan berbagai penyimpangan sosial lainnya.

“Untuk itu, kami berharap kepada Finalis Pemilihan Duta Wisata untuk menjadi pelopor membentengi generasi muda dari pengaruh negatif, mengingat saat ini generasi muda menjadi incaran pengaruh negatif, seperti narkoba, kenakalan remaja. Mulai di tengah keluarga dan di lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat. Generasi muda mempunyai peran penting dalam tatanan pembangunan daerah. Untuk itu, para finalis duta wisata diminta untuk pioner dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai Budaya Daerah dan menjauhi hal-hal negatif, seperti yang kami sebutkan tadi. Buat generasi muda, terbuka kesempatan untuk mengukir prestasi dan berkontribusi buat daerah, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Tapteng Rahmad Saleh Jambak, SSTP, M.Si melaporkan bahwa tujuan dan sasaran pelaksanaan acara ini adalah untuk menyiapkan Duta Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah yang akan berperan dalam mengenalkan dan mempromosikan khasanah seni, budaya, dan potensi pariwisata daerah pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Selain itu, melalui kegiatan ini juga untuk menyiapkan Duta Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah dalam ajang pemilihan Putri Pariwisata tingkat Provinsi Sumatera Utara, mengembangkan dan meningkatkan kapasitas generasi muda untuk sadar wisata dan menjalankan Sapta Pesona sehingga mampu menginspirasi dan memotivasi putra-putri generasi muda dalam meningkatkan citra pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah.

Puncak Malam Grand Final Duta Wisata Kab. Tapteng 2019 ini turut dihadiri mewakili Forkopimda Tapteng, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng, Drs Hendri Susanto Lumabantobing, M.Si, Asiten, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Dewan Juri, para Camat se Kab. Tapteng, Dewan Kesenian Daerah Kab. Tapteng, Finalis Duta Wisata Tapteng dan orang tuanya, serta masyarakat.

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed