oleh

Dinas Sosial Tapteng Laksanakan Sosialisasi Persiapan Transformasi BPNT 2019

Metro26.com, Pandan – Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinsos Tapteng) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Persiapan Transformasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2019 di Kab. Tapteng yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kab. Tapteng, Kamis (01/08/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, M.Si diwakilkan Asisten Pemerintahan dan Kesmas Sekretariat Daerah (Setda) Kab. Tapteng Drs. Antonius Simanjuntak membuka secara resmi sosialisasi itu. Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesmas mengatakan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka persiapan transformasi program Beras Sejahtera (Rastra) yang telah menjadi pola Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). “Penyaluran BPNT menggunakan sistem perbankkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitasi program,” kata Antonius Simanjuntak.

Disebutkannya, BPNT disalurkan dalam bentuk beras dan telur setiap bulan melalui Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) dengan nominal 110.000 rupiah per kartu per bulan yang dapat ditukarkan di e-Warung di berbagai desa/kelurahan di setiap kecamatan.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kab. Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean, SE, M.Si mengatakan BPNT ini akan dilaunching oleh Bupati Tapteng dan merupakan kerjasama para pihak. “Kegiatan BPNT di Kabupaten Tapanuli Tengah rencananya akan dilaksanakan di bulan September 2019 melalui kerjasama antara Dinas Sosial, BRI, Bulog, e-Warung, dan Polres Tapteng,” kata Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kab. Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean, SE, M.Si. “Program BPNT ini rencananya akan di-launching oleh Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani,” ujarnya.

Pimpinan BRI Cabang Siboga Bobby Bayu Nurzaman berharap semoga program BPNT ini dapat berjalan lancar. “Mari kita bersama-sama semangat membantu mensejahterakan, jangan mengambil keuntungan pribadi. Kepala BRI mengatakan bahwa dana itu tidak mengendap di BRI karena pencairan di Pusat, BRI murni sebagai penyalur. Pada 25 September saat proses pengambilan harus verifikasi dulu. Jika bisa supaya lebih mudah, Kepling yang akan menyampaikan pengumuman kepada masyarakat. Setelah pembagian kartu, pembayaran akan diarahkan ke Agen Pembayar Penyuluh BPNT,” jelas Bobby Bayu.

Baca Juga:  Tri Saktiyono Danrem Baru Sibolga

Kapolres Tapteng yang diwakili oleh Kasat Binmas AKP. Tr. Gea menyebutkan: Polres bertugas untuk pendampingan sehingga bisa sampai tepat kepada sasaran. “Jangan sampai kita memanfaatkan atau mengambil keuntungan sendiri dalam pelayanan BPNT ini. Jika kita tidak bisa memberi secara pribada maka mari kita bantu memfasilitasi BPNT ini untuk masyarakat miskin sehingga ini betul-betul yang menerima adalah yang berhak menerima,” jelas AKP. Tr. Gea.

Narasumber pada sosialisasi ini Kapolres Tapteng diwakili oleh Kasat Binmas AKP. Tr. Gea, Kepala Kantor Bulog Sibolga Budiyono, Kepala Cabang BRI Sibolga Bobby Bayu Nurzaman, dan Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (Korteks) Idam Khalid Lubis, S.Pd

Peserta sosialisasi, yaitu Kadis Sosial Kab. Tapteng dan jajarannya, Dinas Dukcapil Kab. Tapteng, Bappeda Kab. Tapteng, Bagian Ekonomi dan Pembangunan, para Camat dan yang mewakili se Kab. Tapteng, Korcab PKH, Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan Operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) di setiap kecamatan di Kab. Tapteng.(ril)

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed