oleh

Dinas Pariwisata Tapteng Laksanakan Pelatihan Tata Kelola Wisata

Metro26.com, Pandan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Kabupaten Tapanuli Tengah, bertempat di Hotel PIA Pandan, Senin (29/07/2019).

Pelatihan ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Tapteng Rahmad Saleh Jambak, SST, M.Si. Dalam sambutannya, Kadis Pariwisata mengatakan bahwa Tapteng memiliki potensi obyek wisata yang beragam. Potensi pariwisata yang besar dan beragam itu harus bisa dikembangkan menjadi destinasi yang dapat mendatangkan wisatawan sehingga meningkat setiap tahunnya dan mampu memberi kontribusi peningkatan kesejahteraan masyarakat Tapteng.

“Kementerian Pariwisata memiliki 3 kunci pariwisata dikenal dengan 3A, yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Untuk mengelola hal itu dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia, kita adakan Pelatihan Tatakelola Destinasi Wisata ini. Sudah sejauh mana kita menciptakan 3A yang unggul dan baik,” kata Kadis Pariwisata Tapteng.

“Jadi dengan adanya Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata ini nantinya dari Bapak Ibu Narasumber dapat membuka bagaimana pola pikir untuk menata obyek wisata yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah dan memberikan nilai tambah.

Bagi para Peserta Pelatihan ini, marilah memanfaatkan pelatihan ini dengan mengikutinya sungguh-sungguh. Sebaik apa pun fisik infrastruktur yang kita bangun, apabila SDM yang kurang memenuhi di Kabupaten Tapanuli Tengah akan sia-sia,” imbuhnya.

Baca Juga:  Bupati Tapteng dan Istri Nyoblos di TPS 1 Padang Masiang Barus

Kadis Pariwisata Tapteng juga mengharapkan para Narasumber dapat memberikan yang terbaik kepada Peserta Pelatihan ini karena Pariwisata merupakan leading sector di Tapteng. Para Narasumber juga diharapkan dapat memberikan masukan yang strategis dalam mengembangkan potensi obyek wisata yang ada di Tapteng.

Sebelumnya, Kabid Pengembangan Kapasitas Pariwisata Wi Candri Limbong, ST menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para Pelaku Usaha Wisata dalam meningkatkan kapasitas kemampuan tata kelola destinasi wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 sampai dengan 31 Juli 2019 bertempat di Hotel PIA Pandan dan di POKDARWIS Sisangge-sangge Kecamatan Andamdewi,” kata Wi Candri Limbong.

Narasumber pada pelatihan ini, yaitu Loresma Siringoringo (Pengajar dari POLTEKPAR Medan), Edison Sinurat (Pengajar dari POLTEKPAR Medan), dan Zuardi Mustafa Simanullang (Pemandu Wisata Tapteng).

Para Peserta Pelatihan ini dari HPI Tapteng, Pokdarwis di Tapteng, dan dari instansi terkait pendidikan dan kebudayaan.(ril)

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed