oleh

Cuma Modal Rp 80 Ribu, Bukalapak Kini Bernilai Rp 14 Triliun

Metro26.com, Jakarta – Bukalapak ramai jadi bahan perbincangan hari ini. Itu tak lain karena munculnya #uninstallbukalapak imbas cuitan Pendiri dan CEO Bukalapak Achmad Zaky.

Terlepas dari itu, tahukah jika Bukalapak dibangun dengan modal Rp 80 ribu?

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan ulang tahun ke-9 BL yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu. Dalam perayaan itu, Jokowi dibuat kaget dengan kisah pendirian BL.

Bagaimana tidak, Bukalapak dibangun dengan modal hanya sebesar Rp 80 ribu. Saking kagetnya, Jokowi pun memastikannya berkali-kali dikutip dari detik.com.

“Pak Zaky tadi menyampaikan bahwa modal untuk mendirikan Bukalapak itu 80 ribu rupiah. Bener? 80 ribu dolar atau rupiah ini? Rupiah, ya? Iya, rupiah,” ujarnya saat bertanya ke CEO BL Achmad Zaky untuk memastikan di JCC Jakarta, Kamis (10/1/2019)

Ia menambahkan, biaya Rp 80 ribu tersebut digunakan untuk melakukan pemesanan alamat website yang digunakan BL sampai sekarang. Menariknya, Jokowi juga mengulik kisah kelam Zaky dalam masa-masa awal berjalannya marketplace tersebut.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 06/Kerajaan Ajak Warga Lestarikan Hutan

“Kemudian, di 2011, setahun setelah didirikan, Pak Zaky sempat agak putus asa, sudah mau nyerah, karena sudah kehabisan uang, dan juga calon mertuanya tidak yakin BL ini memberikan penghasilan yang stabil,” tuturnya.

“Pak Zaky saat itu sudah mau tutup BL. Tapi karena saat itu sudah ribuan UMKM yang mulai tergantung dengan platform BL, Pak Zaky tidak tega dan bersemangat (mencari cara) bagaimana agar bisa bertahan dan meneruskan perjuangannya,” tambah Jokowi.

Nilai perusahaan sebenarnya pernah diungkapkan Zaky saat Bukalapak berulangtahun ke-8. Zaky mengatakan, status perusahaannya kala itu sudah menjadi unicorn yakni startup dengan valuasi US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun (kurs Rp 14.000).

“Kami sudah unicorn,” kata Zaky dalam perayaan delapan tahun BL di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Sayangnya Zaky tidak mau membeberkan lebih detail terkait nilai investasi dan penyandang dana yang membuat Bukalapak punya nilai valuasi US$ 1 miliar.

“Para investor kami belum mau di-publish,” ujar Zaky.

Sumber: Detik

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed