oleh

Bupati Bakhtiar Buka Bakti Sosial Semarakkan Hari Jadi ke-74 Pemerintah Kabupaten Tapteng

Metro26.com, Pandan – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani membuka secara resmii Bakti Sosial dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-74 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) Tahun 2019 di RSUD Pandan, Rabu (21/08/2019). Berbagai rangkaian bakti sosial ini dilaksanakan oleh Pemkab Tapteng melalui Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan RSUD Pandan. Bhakti Sosial ini mengusung tema “Dengan Semangat Hari Jadi ke-74 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019, kita kobarkan semangat membangun Tapanuli Tengah menuju masyarakat yang berkarakter, mandiri, berakhlak, berkeadilan yang sejahtera”.

Dalam sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi ke-74 Pemkab Tapteng. Bupati menyampaikan pembangunan fisik dan sumber daya manusia terus digulirkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, seperti halnya RSUD Pandan.

“Atas izin Allah, tahun depan Perumahan Dokter kita bangun. Kalau kita dapat bantuan DAK akan kita bangun RSUD Pandan ini sekuat manapun kualitasnya sebanyak manapun tenaga medisnya. Kalau pelayanan tidak ada, sudah barang tentu masyarakat tidak puas, kita harapkan pelayanan lebih bagus, tempatnya bersih. Kalau administrasi yang salah, adminstrasi diperbaiki. Rumah sakit kita sudah bagus pelayananya, cara komunikasi yang perlu dibaguskan. Kepada Perawat kerja harus ditingkatkan. Kalau ada pasien darurat, jangan tanyakan BPJS, cepat bantu laksanakan kerja dengan baik. Saya sampaikan bekerjalah dengan baik,” kata Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Selanjutnya, Bupati Tapteng menyebutkan tahun depan akan dipasang CCTV di RSUD Pandan yang akan terkoneksi ke Derektur dan ke Handphone saya. Kepada pihak RSUD Pandan ditegaskannya agar jangan main-main dalam memberikan pelayanan karena ini menyangkut nyawa orang lain.

“Selamat Hari Jadi ke-74 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019. Satpol PP telah razia. Ada 5 orang tertangkap di Warung yang menyajikan minuman keras Tuak dimana ada satu orang yang positif terkena HIV. Terkait hal itu, kita akan tertibkan tempat-tempat maksiat yang ada di Tapanuli Tengah,” tegas Bupati Tapteng.

“Saya menghimbau kepada seluruh Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, TNI dan Kepolisian, serta seluruh masyarakat Tapanuli Tengah tidak henti-hentinya saya mengkampanyekan untuk memberantas narkoba d Kabupaten Tapanuli Tengah. Narkoba musuh kita bersama,” pungkasnya.

Baca Juga:  Panglima TNI Mutasi 126 perwira di AD, AU dan AL

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam, S.K.M M.Kes melaporkan bahwa kegiatan Bakti Sosial merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-74 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019.

“Pada kegiatan Bakti Sosial ini, kita laksanakan pembagian alat kontrasepsi dan pemasangan implan kepada 50 orang Wanita Usia Subur (WUS) dari 2 wilayah kecamatan, yaitu kecamatan Pandan dan Sarudik. Sementara bagi kecamatan lainnya, sudah dijadwalkan di Fasilitas Kesehatan di wilayah kecamatan masing-masing. Sampai dengan saat ini, jumlah total WUS di Kabupaten Tapanuli Tengah yang telah dipasang implan sebanyak 1.416 jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) yang ber-KB sebanyak 34.330 PUS. Sunatan massal dilaksanakan paa 50 orang anak dari 4 wilayah kecamatan, yaitu Pandan, Tukka, Sarudik dan Badiri,” kata Kadis Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam, S.K.M M.Kes.

Ia melanjutkan bahwa pemberian imunisasi Campak merupakan salah satu kegiatan imunisasi rutin yang diberikan pada bayi usia lebih kurang 9 bulan, usia 24 Bulan dan siswa kelas 1 SD. Bulan Agustus dan November merupakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan pemberian Imunisasi Campak pada siswa kelas 1 SD. Pemberian Imunisasi Disteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD) pada siswa kelas 1, 2, dan 5. Saat ini, pelaksanaannya sedang berjalan di seluruh SD se Kab. Tapteng. Pengobatan Massal Gratis diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama seluruh masyarakat yang hadir pada acara Bakti Sosial.

Pada acara Bakti Sosial ini juga dilakukan pembangian Kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang diberikan secara simbolis kepada 10 orang peserta.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Anggota DPRD Kab. Tapteng, mewakili Dandim 0211/TT, mewakili Polres Tapteng, Polsek Pandan, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng, Drs. Henri Susanto Lumbantobing, M.Si, Staf Ahli Bupati dan Asisten, Pimpinanan OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Tapteng, Kepala BPJS Tapteng, Bank Sumut, jajaran Dinas Kesehatan, Dinas PP dan KB, serta RSUD Pandan meliputi Dokter dan Paramedik, Kepala Puskesmas, Perawat, Bidan, dan tenaga medis lainnya, serta masyarakat yang dilayani pada Bakti Sosial ini.

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed