oleh

Bupati Bakhtiar Ambil Sumpah Janji 243 PNS Pemkab Tapteng 2019

Metro26.com, Pandan – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengambil sumpah/janji 243 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) di Gedung Binagraha (Aula) Kantor Bupati Tapteng, Rabu (24/10/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan acara ini dilakukan untuk memenuhi amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, pada Pasal 39 ayat (1) dimana ’setiap Calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji’, yang merupakan pernyataan awal dari setiap PNS dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat.

“Apapun profesi saudara sebelum diangkat menjadi PNS, sekarang utamakan tugasmu sebagai PNS untuk mendukung program Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya dan Pemerintah Republik Indonesia secara umum, yang bermental baik bersatu padu, bersih, jujur, berdaya guna, berhasil guna, bermutu tinggi dan penuh tanggung jawab terhadap tugas,” kata Bupati Tapteng.

Bupati Tapteng mengatakan sebagai umat beragama, sumpah/janji ini adalah merupakan pernyataan dan ikatan kepada Tuhan yang Maha Esa dan Pemerintah Republik Indonesia.

“Untuk itu, diharapkan kesungguhan saudara dalam melaksanakan tugas sebagai PNS. Apalagi dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) maka persaingan akan semakin ketat karena tidak tertutup kemungkinan jabatan-jabatan Strategis yang ada akan diisi dari kalangan swasta ataupun non pns lainnya,” tutur Bupati Tapteng.

Baca Juga:  IKAPSI-TAPTENG Harus Menjadi Organisasi Intelektual

Bupati mengharapkan kualitas dan kinerja para PNS di unit kerja masing-masing harus ditingkatkan dan mampu menjadi agen-agen pembangunan di tengah-tengah masyarakat dimana bertempat tinggal. Bupati juga berpesan agar jangan merokok di lingkungan Perkantoran Pemerintah, tempat layanan kesehatan seperti RSUD dan Puskesmas serta lingkungan sekolah.

“Sebelum sambutan ini saya akhiri, harapan saya jadilah saudara sebagai PNS yang profesional di bidangnya masing-masing,” pungkas Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Sebelumnya, Kepala BKD Tapteng Yetty Sembiring, SSTP, MM melaporkan bahwa PNS di lingkungan Pemkab Tapteng yang diambil sumpah/janji sebanyak 243 orang terdiri atas Bidan PTT sebanyak 194 orang dan 49 orang dari instansi di lingkungan Pemkab Tapteng.

“Kami laporkan kepada Bapak Bupati bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini untuk pembinaan awal kepada PNS sehingga mempunyai kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah, serta bermental baik, bersatu padu, bersih, jujur, berdaya guna, berhasil guna, bermutu tinggi dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya,” kata Kepala BKD Tapteng dalam laporannya.

Penandatanganan Berita Acara Sumpah/Janji PNS secara simbolis, yang beragama Islam diwakili oleh drg. Nopi Yanti Fitri, yang beragama Kristen diwakili oleh dr. Johannes Martupa Lumbantoruan, dan yang beragama Katholik diwakili oleh Juwita Marlina Damanik, yang diambil sumpah/janjinya oleh Bupati Tapteng dan disaksikan pleh Saksi-saksi.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Asisten, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, dan PNS yang diambil sumpah/janjinya.(d)

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed