oleh

Asisten Pemerintahan dan Kesmas Pimpin Upacara Penyerahan Mahasiswa KKN IAKN Kepada Pemkab Tapteng

Metro26.com, Pandan – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs. Antonius Simanjuntak selaku Pembina Upacara Penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Intitut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung kepada pihak Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) di Lapangan Apel Kantor Bupati Tapteng, Rabu (31/07/2019).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesmas mengatakan atas nama Bupati Tapteng dan pribadi menyampaikan selamat kepada adik-adik mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sangat mendukung pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, dalam hal ini Camat akan membantu adik-adik mahasiswa dalam tugas lapangan. Kami mengharapkan agar adik-adik mahasiswa dapat menyesuaikan diri dalam belajar dan bekerja di lapangan mengingat kondisi lapangan terdiri dari beragam suku budaya, bahasa, dan adat istiadat. Selama KKN, adik-adik mahasiswa agar dapat menjaga nama baik Almamater. Kita berharap Kuliah Kerja Nyata ini dapat membentuk karakter adik-adik mahasiswa, revolusi mental, dan pemenuhan pembelajaran,” kata Bupati Tapteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas.

Selanjutnya, Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs. Antonius Simanjuntak juga permohonan maaf Bupati tidak dapat hadir karena ada tugas lain. “Salam hangat dari Bupati, kami sangat mendukung KKN ini. Kami mengharapkan ada Program Kerja Mahasiswa selama KKN di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Antonius Simanjuntak.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAKN Tarutung Betty AS. Pakpahan, M.Pd dalam laporannya mengatakan pelaksanaan KKN Mahasiswa IAKN ini selama kurang lebih 2 (dua) bulan di wilayah kecamatan-kecamatandi Kab. Tapteng. Adapun Mahasiswa yang mengikuti KKN ini sebanyak 135 mahasiswa.

Baca Juga:  Dinsos Tapteng Laksanakan Verifikasi dan Validasi Data KPM

“KKN Mahasiswa IAKN ini merupakan progaram kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendukung program pemerintah guna meningkatkan perilaku yang lebih baik dan karakter gotong royong melalui Gerakan Nasioanal Revolusi Mental dengan 5 Aksi, yaitu Gerakan Indonesia Melayani (GIM), Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Gerakan Indoneia Tertib (GIT), Gerakan Indonesia Mandiri (GIMA), dan Gerakan Indonesia Bersatu (GIBE),” sebut Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IAKN Tarutung.

“Tujuan KKN ini untuk melatih kemampun mahasiswa dalam menerapkan teori dan informasi yang diperoleh di kampus, mengembangkan wawasan mahasiswa, menumbuhkan dan mematangkan jiwa pangabdian kepada masyarakat, mengembangkan kompetensi masyarakat, dan mengembangkan kompetensi merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi tingkat keberhasilan program dan secara khusus mahasiswa dapat mensukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui 5 Aksi Gerakan Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri, dan Bersatu. Pelaksanaan KKN di 5 (lima) Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, yaitu Kecamatan Badiri, Pinangsori, Lumut, Sibabangun, dan Sukabangun,” ujarnya.

Diakhir acara dilaksanakan penyerahan mahasiswa peserta KKN dari pihak IAKN Tarurung kepada pihak Pemkab Tapteng yang diserahkan oleh Rektor IAKN Tarutung diwakili Wakil Direktur Pasca Sarjana Dr. Hulman Sihombing, M.Th. Penyerahan Mahasiswa KKN dari Bupati kepada para Camat melalui Asisten Pemerintahan dan Kesmas, dan penyematan Atribut kepada Mahasiswa KKN oleh Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Drs. Antonius Simanjuntak.

Acara ini turut dihadiri oleh Perwakilan dari Badan Kesbangpol Linmas Kab. Tapteng, Dinas Pendidikan Kab. Tapteng, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kab. Tapteng, dan para Dosen Pendamping KKN dari IAKN Tarutung.(ril)

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed