oleh

21 Januari 2019 Supermoon Akan Terjadi,Berikut Dampaknya Untuk Pulau Nias

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Klik Agar Berita Di Bacakan”]

Metro26.com,Nias-Dalam siaran Pers yang di lakukan pada hari minggu,13/01/2019,kepala stasiun BMKG  Binaka Gunungsitoli,Pulau Nias,Budi Iman Samiaja.

Budi Iman Samiaja menyampaikan,”secara kalender astronomi bahwa pada tanggal 21/01/2019,akan terjadinya bulan penuh(fullmoon) dan dibeberapa belahan bumi akan terjadi supermoon”.

Budi Iman Samiaja Mengatakan,”pada peristiwa supermoon ini bulan akan berada pada titik paling dekat dengan bumi,adapun dampak yang terjadi dari supermoon ini adalah dapat mempengaruhi pasang air laut di pulau nias akibat dari gaya gravitasi bulan dan bumi.Dan dimana adanya kenaikkan permukaaan air laut beberapa sentimeter dari kondisi normal.

Dampak yang terjadi di Gunungsitoli,pulau nias,berpotensi kenaikkan permukaan air laut beberapa sentimeter.

Namun pada saat supermoon atau fullmoon di ikuti dengan hujan lebat sangat berpotensi akan terjadinya banjir Rob,ucap Budi Iman Samiaja.

Menurut Budi Iman Samiaja,daerah yang harus di waspadai banjir rob adalah daerah yang berjarak beberapa meter dari pinggir pantai dan tidak meluas jauh kedaratan Gunungsitoli.

Baca Juga:  9 Bulan Berpisah Persit Yonif 123/KS Sambut Suami Dengan Gembira

“Genangan air berpotensi terjadi,berkisar beberapa sentimeter saja di daerah yang dekat dengan bibir pantai daerah kota Gunungsitoli”,Ucap Budi Iman Samiaja.

BMKG Binaka Gunungsitoli ,Pulau Nias

Kami pihak BMKG Binaka Gunungsitoli,Pulau Nias tidak pernah memberi himbauan untuk mengungsi,BMKG Binaka Gunungsitoli dengan instansi terkait selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi yang benar.

Untuk informasi yang lebih jelas lagi anda bisa menghubungi atau mendatangi kantor BMKG Gunungsitoli,Pulau Nias, Terdekat,Ucap Budi Iman Samiaja.

Budi Iman Samiaja Juga Mengatakan Tentang Arti Banjir Rob,”Banjir Rob hanya bersifat genangan air dan tidak sama dengan banjir bandang.

Pasang air laut dan banjir rob tidak sama dengan tsunami,pasang air laut dan banjir rob,sifatnya tidak merusak seperti tsunami,Ucap Budi.

Tentang Penulis: dafid

dafid
From Zero To Hero

Komentar

News Feed