oleh

Liverpool Rengkuh Trofi Liga Champions Ke-6, Menang 2-0 atas Tottenham

Metro26.com – Final Liga Champions 2018-2019 Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019), dini hari WIB.

Kedua tim yang sama-sama berasal dari Inggris tak segan-segan untuk bermain terbuka dari awal. Kendati demikian, Liverpool mampu mentutup laga dengan kemenangan 2-0 atas Tottenham berkat gol yang tercipta pada masing-masing babak.

Loading...

Babak Pertama

Liverpool langsung menggebrak pada menit-menit awal laga dengan melancarkan serangan yang dipelopori Sadio Mane. Mane yang berada di sisi kanan pertahanan Tottenham berusaha untuk mengirimkan umpan ke Mohamed Salah dan Roberto Firmino yang ada di kotak penalti.

Namun, bola yang hendak diumpankan Mane justru mengenai tangan kanan dari Moussa Sissoko. Wasit yang berada di dekat kejadian itu tanpa ragu memberikan penalti untuk Liverpool saat laga belum genap satu menit.

Salah maju sebagai eksekutor untuk mengambil tendangan penalti itu. Salah melepaskan sepakan keras ke tengah gawang yang tak mampu diantisipasi Hugo Lloris. Liverpool pun seketika unggul 1-0 atas Tottenham pada menit kedua.

Setelah gol itu, tempo permainan sedikit menurun karena Liverpool mencoba untuk meredam permainan cepat yang hendak diaplikasikan Tottenham. Bola jadi lebih banyak berkutat di tengah lapangan karena duel-duel keras dari pemain masing-masing tim.

Pada menit 20, Tottenham mendapatkan kesempatan bagus untuk membuat gol saat Son Heung-min menerima umpan matang dari Christian Eriksen. Akan tetapi, aksi Son mampu diantisipasi Trent Alexander-Arnold dengan baik sehingga amanlah gawang Liverpool.

Liverpool dan Tottenham mencoba untuk melancarkan serangan demi mengubah papan skor. Akan tetapi, hingga waktu turun minum tiba hanya gol Salah yang mengubah papan skor.

Baca Juga:  BNN Sita 42,6 Kg Sabu, 98,7 Kg Ganja, 2.985 Ekstasi

Babak Kedua

Liverpool yang sudah unggul satu gol pada babak pertama berusaha untuk menurunkan tempo permainan sejak awal. The Reds –julukan Liverpool– tampak sengaja memberikan penguasaan bola kepada Tottenham dan lebih mengandalkan serangan balik.

Tottenham pun berusaha memanfaatkan kesempatan yang diberikan Liverpool untuk membuat gol penyeimbang kedudukan. Pada menit 57, pergerakan Son seorang diri cukup menyulitkan pertahanan Liverpool, tetapi Andy Robertson dan Virgil van Dijk bisa menghentikan aksi pemain berpaspor Korea Selatan (Korsel) itu.

Liverpool membalas lewat serangan balik yang dipelopori Salah. Pemain berpaspor Mesir itu kemudian mengirimkan umpan ke James Milner yang baru masuk di babak kedua. Akan tetapi, Milner gagal memanfaatkan peluang itu untuk menjadi gol.

Tottenham kembali menyerang pada menit 80, kali ini Son mencoba Allison Becker lewat sepakan jarak jauhnya. Kendati demikian, Alisson masih cukup baik untuk mengagalkan peluang itu.

Tottenham yang asyik menyerang akhirnya menerima hukuman dari Liverpool pada menit 87. Divock Origi yang masuk di babak kedua mampu menciptakan gol kemenangan untuk Liverpool. Origi secara apik menuntaskan umpan dari Joel Matip untuk menaklukkan Lloris. Gol Origi membuat Liverpool menang 2-0 atas Tottenham di final Liga Champions musim ini.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Tottenham di final Liga Champions 2018-2019.

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

TOTTENHAM (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko, Harry Winks; Dele Alli, Christian Eriksen, Son Heung-min; Harry Kane.(r)

News Feed