oleh

Resmikan Pelabuhan Sambas, Presiden Jokowi Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Sibolga Agar Semakin Membaik

Desain Pelabuhan Sibolga Menang Dalam Lomba Desain Asia Pasifik

Metro26.com, Sibolga –  Usai melakukan kunjungan kerja di wilayah Toba dan Medan, Presiden Jokowi melanjutkan agendanya ke Kota Sibolga untuk meresmikan Pelabuhan Sibolga.

Loading...

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana beserta rombongan mendarat di Bandar Udara (Bandara) Ferdinand Lumban Tobing, Pinang Sori, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Minggu (17/3) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, tokoh senior Golkar yang merupakan putra daerah Sibolga, Akbar Tanjung, dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah melaksanakan groundbreaking pengembangan Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga, Sumatra Utara pada tanggal 20 Agustus 2016.

Diharapkan, dengan perluasan tersebut, Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga dapat ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Pantai Barat Sumatra Utara dan juga Danau Toba.

Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga, mengalami pembenahan pesat pasca dibangun mulai tahun 2016 hingga Maret 2019.

Selain sudah bisa dilalui kontainer, di lokasi juga telah terpasang crane bongkar-muat barang dan skybridgeberdinding kaca sehingga menjadikan Pelabuhan Sambas layak menjadi pelabuhan internasional.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, Kini Pelabuhan Sambas Kota Sibolga telah memiliki fasilitas dan daya tampung yang akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Desain modern Terminal Penumpang yang merupakan hasil karya terbaik se Asia Pasifik ini, kini telah mampu disandari kapal dari 2000 GT menjadi 6000 GT. Daya tampung pelabuhan pun meningkat drastis hingga 20000 teus.

Peresmian Pelabuhan Sambas Sibolga

“Inilah yang ingin kita bangun, kita mau mobilitas barang dan jasa bisa meningkat,” kata Presiden.

“Oleh karena itu, saya sambut baik penyelesaian pengembangan pelabuhan ini, Semoga bisa meningkatkan pelayanan logistik dan jasa,”kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menyampaikan sejumlah peningkatan kemampuan pelabuhan Sambas Kota Sibolga pasca pengembangan. Khusus terminal penumpang yang dulunya hanya mampu menampung 80 orang saja kini menjadi 500 orang.

“Alhamdulillah, desain pelabuhan Sibolga ini menang dalam lomba desain Asia Pasifik,” Kata Presiden yang disambut tepuk tangan seluruh undangan yang hadir.

“Kita akan mendorong terus agar ekonomi di Sibolga dan sekitarnya ini semakin baik lagi,” ujar Jokowi.

Peresmian Pelabuhan Sibolga yang ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden RI ini menjadi sejarah baru bagi Kota Sibolga dan Sumatera Utara Khususnya daerah se-kawasan Tapanuli dan Nias.

Presiden dan rombongan pun selanjutnya meninjau sejumlah fasilitas pelabuhan yang ada. Dimulai dari ruang tunggu penumpang hingga akses dari terminal penumpang ke pelabuhan yang dilengkapi dengan Skybird.

Presiden juga sempat berdialog dengan beberapa penumpang kapal yang sandar di dermaga.(riz)

Loading...