oleh

Satgas TMMD Kodim 0213 Nias Laksanakan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis

Metro26.com – Kegiatan baksos yang dihadiri oleh dr. Dedy dari Kemenkes RI,  Paban V/Bakti TNI Sterad (Kol Inf Putrajaya, SE. MM),  Waaster Dam I/BB (Letkol Arm Azhari) Dandim 0213/Nias (Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, S. H. M. Tr (Han),  Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemda Kab Nias (Fati Zebua) Kasdim 0213/Nias Mayor Arm Utuh Saragih, Wadan Kesyah Sibolga Mayor CKM Mulyadi, Camat Bawalato, Perwira Staf Kodim 0213/Nias, mewakili Lanal Nias (Kapten S. Sulaeman) mewakili Kapolres Nias (Kompol Simanjuntak) Danramil Jajaran Kodim 0213/Nias, Kapolsek Bawalato, Kadis PMDK Kab Nias,  Kadis Kesehatan Kab Nias,  Para Kades Se Kec Bawalato,  Tim UTD PMI Pemkab Nias, Personel Satgas TMMD Pemkab Nias,  Tim Dokter dan perawat Pemkab Nias, tokoh agama,  pemuda, adat dan Masyarat.

Kolonel Inf Putrajaya SE. MM mengatakan,  kegiatan yang dilaksanakan merupakan bakti sosial yaitu pengobatan massal kepada masyarakat di wilayah kabupaten nias,  kegiatan tersebut merupakan penguatan TMMD Kodim 0213/Nias yang merupakan kondisi wilayah tertinggal, terbelakang dan terisolir pungkasnya.

Loading...

Dijelaskan Paban V/Bakti TNI ini dari Sterad adanya kegiatan pemkab nias yang akan bersinergi dengan Kodim 0213/Nias yaitu bakti sosial jambannisasi kepada masyarakat.

Seputaran kegiatan TMMD yang dilaksanakan,  kolonel Inf Putra mengatakan,Kegiatan TMMD merupakan kegiatan lanjutan Musrenbang Pemkab Nias dan TNI dalam hal ini,  membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan wilayah pungkasnya.

Fati Zebua,  mewakili Bupati Nias,  sangat merespon dan ucapan terimakasih kegiatan TMMD Ke 104 di wilayah kabupaten Nias dan akan menindaklanjutin kegiatan tersebut untuk peningkatan kedepan, tambahnya hal yang sama di bakti sosial yang dilaksanakan oleh TNI pemkab nias mengucapkan terimakasih,”ucapnya.

Perihal dengan Jambanisasi, Kadis PMDK Pemkab Nias menyampaikan kegiatan tersebut akan dilaksanakan ke beberapa rumah warga miskin dalam bedah jambanisasi.

“kita akan sinergi dengan kodim dalam hal pembuatan jambannisasi kepada warga miskin” pungkasnya.

Dandim 0213/Nias (Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, SH. M. Tr (Han) mengatakan perihal program  pekerjaan dan kendala sampai saat ini.

“untuk pembukaan badan jalan sudah mencapai 50%, pengecetan rumah ibadah sudah mencapai 50% sementara untuk kendala tidak ada dan kegiatan berjalan lancar,” ucap dandim.

Sementara warga yang berdatangan untuk pengobatan gratis ini,  seperti Sunatan Massa,  Periksa Gigi,  Pelayanan Kesehatan dan KB serta Donor Darah diperkirakan mencapai 600 orang melebihi kapasitas dari data awal yang mendaftar sekitar 300 orang.

Salah satu warga,  Ina Herman Zebua yang ikut anaknya untuk sunat, mengatakan sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini,  dan ucapan terimakasih kepada TNI,”pungkasnya.(penrem 023)