oleh

Video : Danlantamal II “Tingkatkan Potensi dan Menjadi Prajurit Profesional”

Metro26.com | Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama (Laksma) TNI AL Agus Sulaiman kunjungi Mako Lanal Sibolga dan menyaksikan atraksi dan latihan sea and jungle survival para prajurit TNI AL Sibolga di Pelabuhan Lama Sibolga.

Kedatangan Danlantamal Agus ke wilayah Sibolga kali ini sekaligus penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan ditutup secara serentak secara nasional. Danlatamal juga akan meninjau fasilitas yang sedang disiapkan, salah satunya pelabuhan Patroli TNI AL di Labuhan Angin.

Loading...

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menegaskan, para prajurit Angkatan Laut juga harus mampu melakukan aksi-aksi penyelamatan tingkatkan potensi dan menjadi Prajurit Profesional.

“Sea survival (kemampuan bertahan di laut), harus menjadi kemampuan prajurit Angkatan Laut, misalnya saat terjadi kecelakaan. Ada juga latihan SAR, banyak yang harus ditingkatkan,” kata Danlatamal Agus Selasa (7/8).

Menurut dia, tuntutan para prajurit TNI AL dalam aksi-aksi penyelamatan semakin penting, mengingat potensi kebencanaan yang semakin tinggi.

“Keadaan seperti sekarang ini, cuaca yang begitu ekstrim, prajurit AL diharapkan semakin mampu melaksanakan tugasnya di laut, salah satunya penyelamatan, dan bertempur di laut, kedepan angkatan Laut menjadi TNI yang kuat didukung rakyat,” katanya.

Sementara itu, disinggung soal kesiapan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dimiliki TNI AL, Agus mengakui masih sangat terbatas khususnya di Lantamal II Padang dan Lanal Sibolga. Kendati ia mengatakan, TNI AL akan senantiasa siap menurunkan armada bantuan dari Komando Armada I.

“Alutsista didukung sesuai Tupoksi, namun demikian apabila ada hal-hal diperlukan kita bisa meminta komando Armada I, contohnya kejadian di Lanal Bengkulu, kita melaksanakan SAR terhadap Kapal yang tenggelam, sampai saat ini masih dilaksanakan minta bantuan Koarmada I, sudah dilakukan pengamatan dengan satu pesawat Udara,” urai Danlantamal.

Sebelumnya 5 personil TNI AL Sibolga mengatraksikan kemampuan sea survival. Menumpangi perahu karet, para personil tersebut menunjukkan beberapa aksi, diantaranya kemampuan bertahan di air selama beberapa menit, kemampuan manuver dan kemampuan penyamaran.(red)

Berikut Videonya :

 

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.