oleh

1 Dekade Kota Sibolga Dibawah Kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM

Metro26.com, Sibolga – Sibolga Negeri Berbilang Kaum Perekat Hubungan Antar Umat Beragama, dengan jumlah penduduk saat ini mencapai 87.313 jiwa, yang terdiri dari 43.821 jiwa laki laki dan 43.492 jiwa Perempuan, terus berkembang di berbagai bidang, dalam kurun waktu 1 Dekade (10 tahun) terakhir, semenjak kota ini dipimpin oleh Wali Kota Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM.

Sebagaimana visi pemerintah kota Sibolga “Mewujudkan Sibolga yang Sejahtera maju dan Berdaya Saing“. Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, melaksanakan 5 misi penting dalam menjalankan roda pemerintahan kota kecil, dengan luas 10,77 Kilometer persegi atau seratus 107.700 Ha, yang terbagi dalam 4 kecamatan ini.

5 misi tersebut diantaranya adalah :

1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Bersih (Clean Governance).

2. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan secara merata dan terjangkau bagi masyarakat.

3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi yang merata.

4. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki integritas, handal dan berdaya saing.

5. Pengembangan Infrastruktur perkotaan dan fasilitas public serta penataan kawasan perkotaan.

Letak kota Sibolga yang dikelilingi kabupaten tapanuli tengah, dengan jalur laut menuju kepulauan nias, menjadikan kota sibolga pada lokasi strategis simpul jalur perhubungan darat lintas sumatera, dan lintas penyeberangan laut ke kepulauan Nias. Potensi ini, dimanfaatkan dengan brilian oleh Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM dengan kemampuan lobi beliau, menjadikan Presiden RI Joko Widodo berkenan melaksanakan dan meresmikan langsung pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Sibolga, dengan desain terbaik se-Asia Pacifik.

Peningkatan sumber daya manusia yang di fokuskan pada bidang pendidikan dan kesehatan, memiliki perkembangan yang signifikan di kota Sibolga, dibawah kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM. Pada tahun 2014, penghargaan di bidang kesehatan “Manggala Karya Bhakti Husada”, telah diraih Pemko Sibolga, yakni penghargaan dari Pemerintah Pusat bagi daerah yang berhasil meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakatnya yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, disaksikan Menteri Kesehatan RI Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F Moeloek Spm (K).

Target pemerintah pusat atas Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95% pada tahun 2019 untuk Pemda se-Indonesia, telah berhasil diselesaikan Pemko Sibolga pada Tahun 2018. Keberhasilan ini menjadikan kota Sibolga, meraih penghargaan di bidang kesehatan atas pencapaian (UHC) dari Presiden Republik Indonesia. Bahkan pada saat ini, 100% masyarakat kota Sibolga telah terasuransi kesehatannya.

Pada bidang pendidikan, di masa kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM, sejarah mencatat untuk kali pertama sepanjang sejarah, kota Sibolga akhirnya mampu memiliki perguruan tinggi negeri, Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Sibolga. Persentase generasi muda kota Sibolga, yang lulus di perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia pun, naik signifikan pasca pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM secara terus menerus dan berkesinambungan.

Pembangunan kota modern melalui konsep smart city atau kota pintar, melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi di era 4.0, juga tak luput dari sasaran yang ingin dicapai Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM bagi kota Sibolga. Dimulai dengan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Pembangunan Smart City Tahun 2018, antara Kepala Daerah dengan Dewan Smart City, berbagai layanan berbasis IT, diantaranya e-monev, e-musrembang, e-planing, e-budgeting, Perpustakaan Digital, dan berbagai aplikasi IT lainnya, menjadi bukti keseriusan mewujudkan Sibolga Smart City yang dilakukan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM. Akhirnya penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Kemkominfo, Semuel A Pangerapan, di ICE BSD City Pagadengan, Kota Tangerang, pada Desember 2018 berhasil diraih kota Sibolga. Terwujudnya ruangan Command Center yang diresmikan oleh Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo, didampingi Menteri Perdagangan RI Enggartriasto Lukita, pada 25 Maret 2019, semakin menyempurnakan layanan publik berbasis IT untuk mewujudkan Sibolga Smart City.

Baca Juga:  Cabuli Keponakan Sendiri, Wanita Ini Diringkus Polisi

Di bidang pemerintahan dan pelayanan publik, pada tahun 2012 setelah 2 tahun kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM, Pemko Sibolga telah menerima penghargaan prestasi dalam penyelenggaraan akuntabilitas kinerja pemerintahan dari Menpan RB Azwar Abu Bakar saat itu. Anugerah Peduli HAM dan Pelayanan Publik berbasis HAM juga telah diraih kota Sibolga, yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Piala Anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Presiden RI Kategori Lalu Lintas Tahun 2016 juga telah diraih Pemko Sibolga.

Oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Sumatera Utara, menobatkan Pemerintah Kota Sibolga sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) Terbaik III dalam hal Kinerja Kemandirian Fiskal Tertinggi. Pada Mei 2019, BPK RI juga memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2018. Pada 12 April 2019 lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, juga menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik II (Kedua) Tahun 2019 tingkat provinsi Sumatera Utara. TPID terbaik, Raskin Award, dan berbagai penghargaan lainnya telah diraih kota Sibolga dibawah kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM.

Bahkan penghargaan Anugerah Pahrahita Ekapraya (APE) juga telah diraih kota Sibolga, yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise kepada Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta, pada 19 Desember 2018 lalu, sebagai bukti keberhasilan dan kontribusi nyata Pemko Sibolga dalam mendukung Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di kota Sibolga.

Di bidang lingkungan hidup, dibawah kepemimpinan Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, secara berturut-turut sejak tahun 2010-2014, Pemko Sibolga berhasil meraih penghargaan Adipura. Sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup, yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Rekam jejak berbagai prestasi tersebut menjadi alasan kuat, sehingga pada 25 Agustus 2018 lalu, Seven7 Media Asia Award 2018 memberikan anugerah “The Best Innovative Government”, “The Most Promising City” kepada Drs. H.M. Syarfi Hutauruk,MM. Koran SINDO juga telah menganugerahkan Kepala Daerah inovatif (KDI) 2018, kepada Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM. Demikian pula MNC Group melalui CEO MNC Group Hary Tanoesoedibyo, telah memberikan penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2015 Bidang Kemaritiman kepada Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM.

Inilah sekilas profil 1 Dekade pembangunan kota Sibolga, dibawah kepemimpinan “Sang Pemimpin Pelayan, Pembangun Kota Penggerak Perubahan” Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM.(ril)

Tentang Penulis: metro26.com

metro26.com
Media Online Masa Kini

News Feed